Fakta Anjing Manchester Terrier

bukupediaanjing - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Fakta Anjing Manchester Terrier. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Fakta Anjing Manchester Terrier :

Fakta Anjing Manchester Terrier








Jika mendengar kata Manchester, maka pemikiran pertama yang Anda bayangkan adalah club sepakbola Inggris yaitu Manchester City dan Manchester United. Namun, kali ini bukanlah klub sepakbola tersebut yang akan dibahas, melainkan salah satu ras anjing bernama Manchester Terrier.Ya, disebut Manchester karena diduga ras ini berasal dari salah satu daerah di Inggris yaitu Manchester. Nah, pernahkah Anda melihat ras anjing ini?

Manchester Terrier adalah sejenis anjing yang memiliki ciri tubuhnya yang ramping dan dilapisi dengan mantel pendek berwarna hitam dan mahoni. Ras Manchester Terrier memiliki tubuh yang kompak dan berotot dengan kemampuannya untuk membunuh hama dan mengatasi sejumlah permainan tertentu.Dalam ras Manchester Terrier, juga terdapat varietas Toy dan Standard Terrier.

Karakteristik Fisik

Ras Manchester Terrier menggabungkan kelincahan dan kekuatannya untuk melacak dan membunuh hama juga bermain dalam permainan kecil. Manchester Terrier dianggap sebagai jenis terrier yang paling rapi dan licin karena tubuhnya yang kompak, halus, sedikit panjang, berotot, juga bergaris melengkung.Ekspresi wajah Manchester Terrier sangat tajam dan selalu waspada. Sedangkan bentuk mantelnya yang tipis terlihat sangat mengkilap dan halus.

Kepribadian dan Temperamen

Dibandingkan dengan anjing jenis terrier lainnya, Manchester Terrier memiliki sifat yang lebih responsif dan termasuk anjing peliharaan yang sangat sopan. Walaupun, ada beberapa ras yang suka menggali sendiri tanpa berhenti. Ada pula yang menggambarkan ras Manchester Terrier seperti kucing karena merasa dilindungi oleh orang lain, bersih, mandiri, dan sensitif.Manchester Terrier tak akan segan menunjukkan pengabdian terbaik bagi keluarga dan pemiliknya. Manchester Terrier sangat menyukai tidur di samping orang favoritnya. Namun, jangan salah, pada kesempatan tertentu, Manchester Terrier bakalan ribut mengajak pemiliknya untuk melakukan berbagai permainan dan petualangan seru.

Perawatan

Perawatan yang perlu dilakukan bagi ras Manchester Terrier adalah pada bulunya. Namun, tidak seketat atau seintensif anjing ras lainnya. Malahan, yang perlu dimaksimalkan adalah pada training atau aktivitas lapangan seperti jalan-jalan dibimbing dengan tali, berlarian di area yang aman, juga bermain di taman.Meskipun sikap Manchester Terrier sangat aktif, jangan sampai membiarkannya tinggal di luar ruangan. Hal ini karena ras Manchester Terrier membutuhkan tempat tidur yang lembut dan hangat.

Kesehatan

Pada umumnya, Manchester Terrier tidak mengalami beberapa masalah atau penyakit kesehatan utama. Namun, Manchester Terrier rentan terhadap beberapa masalah kesehatan kecil seperti vWD, hipotiroidisme, dan juga kardiomiopati. Selain itu, masalah kesehatan umum yang mungkin diderita selama hidupnya yaitu PRA, legg-perthes, dan luxasi patela.Untuk itu, pastikan untuk mengenal gejala penyakitnya lebih dini. Segera bawa Manchester Terrier ke dokter hewan untuk menjalankan beberapa pemeriksaan seperti DNA, mata, pinggul, dan juga tiroid. Usia rata-rata Manchester Terrier sangat panjang yaitu sampai 15 sampai dengan 16 tahun.

Latar Belakang dan Sejarah

Untuk mengetahui latar belakang ras Manchester Terrier, pastikan untuk mempelajari Black dan Tan Terrier sebelumnya sebagai salah satu ras Terrier Inggris paling cakap dan populer pada abad ke 16. Pada masa itu, Black dan Tan mendapatkan tugas untuk membasmi tikus di sepanjang aliran air.Kemudian, John Hulme, seorang peternak anjing menyilangkan dua ras Black dan Tan ini untuk mendapatkan satu ras yang akan bertugas membunuh hama tikus dengan baik dan dinamakan ras Manchester.Sempat mendapatkan perdebatan terkait nama tersebut, pada tahun 1923 akhirnya nama Manchester Terrier resmi ketika Manchester Terrier Club Amerika dibentuk.