Fakta Unik Anjing Dandie Dinmont Terrier

bukupediaanjing - Setiap ras anjing yang disilangkan dengan ras pasti menghasilkan keunikan tersendiri. Salah satunya ras anjing Dandie Dinmont Terrier yang diperuntukkan untuk pergi ke bawah tanah. Anjing pekerja jenis terrier ini memiliki kepala besar dan tubuh yang rendah. Dandie Dinmont Terrier juga dicirikan dengan ekspresi wajah yang lembut, bijaksana, juga tubuh yang kokoh dan fleksibel. Nah, berikut ini akan diulas mengenai beberapa info menarik terkait Anjing Dandie Dinmont Terrier.

Fakta Unik Anjing Dandie Dinmont Terrier








Karakteristik Fisik

Dimulai dari ciri fisik anjing ras Dandie Dinmont Terrier yaitu mantelnya. Mantel ras Dandie Dinmont Terrier sebagian terdiri dari rambut sepanjang dua inchi, bulu lembut, dan bulu yang kasar. Sementara itu, bagian kepalanya yang besar ditutupi oleh sutera, bulu yang halus.Jumbai bulu halus yang mencapai ujung telinga meningkatkan penampilan Dandie Dinmont Terrier jadi lebih bergaya. Tak hanya itu, jambul bulu di bagian kepala juga menjadikan ekspresi Dandie Dinmont Terrier lebih bermartabat, penuh tekad, lembut, dan bijak.

Meskipun termasuk dalam kategori terrier, anjing ras Dandie Dinmont Terrier tidak seperti terrier pada umumnya. Ras Dandie Dinmont Terrier memiliki serangkaian kurva yang berakhir pada ekor pedang yang cukup panjang.Berdasarkan tujuan penyilangan ras anjing Dandie Dinmont Terrier tersendiri yaitu mengejar galian yang keras, panjang anjing ras Dandle Dinmont ini dua kali dari tingginya.Tak hanya itu, kaki depan juga lebih pendek jika dibandingkan dengan kaki belakangnya. Adanya morfologi tersebut, memberikan kemudahan tersendiri bagi Dandie Dinmont Terrier untuk berjalan dengan lebih mudah.

Kepribadian dan Temperamen

Setiap orang dari berbagai kelompok ketika mengenal Dandie Dinmont Terrier pasti akan langsung jatuh cinta, terutama pada perawakannya yang unik. Namun, jangan lupa untuk mengajaknya latihan terus biar tidak frustasi.Ras ini juga dikenal mandiri dan cerdas, namun cenderung malu pada orang asing. Tapi, para anjing lain yang masih asing, Dandie Dinmont Terrier tidak akan segan-segan untuk bersikap agresif. Beberapa ras ini juga pandai menggali.Jangan sekali-kali menganggap Dandie Dinmont Terrier sebagai anjing yang mewah maupun manja. Pasalnya, Dandie Dinmont Terrier sangat menyukai aktivitas seperti berburu. Meski demikian, tetap saja Dandie Dinmont Terrier adalah jenis hewan peliharaan yang sangat sopan dan penuh kasih sayang.

Perawatan

Selain pelatihan rutin, anjing Dandie Dinmont Terrier juga memerlukan perawatan terutama pada mantelnya. Paling tidak, mantel ras ini disisir sebanyak dua kali selama satu minggu. Pastikan pula untuk membentuk dan memangkasnya supaya lebih rapi.Apalagi jika menjadikan ras ini sebagai anjing pertunjukan. Satu hal yang penting, anjing Dandie Dinmont Terrier harus tidur di dalam ruangan. Sedangkan tidur di luar ruangan hanya diperbolehkan saat siang hari saja.

Kesehatan

Masa hidup anjing Dandie Dinmont Terrier rata-rata dari 11 sampai 13 tahun. Beberapa penyakit yang umum diderita adalah infeksi tungau cheyletiella dan glaukoma. Disarankan pula untuk rutin melakukan tes mata pada dokter ahli.

Sejarah dan Latar Belakang

Meskipun dari penampilan anjing ini tidak biasa, namun dilihat dari keturunan, ras ini sama dengan terrier yang lainnya. Dandie muncul pertama kali pada abad 18 di perbatasan antara Inggris dan Skotlandia.Dari sini, para petani mulai memanfaatkannya untuk berburu. Hingga pada tahun 1873, Dandie diakui sebagai jenis anjing yang terpisah. Sampai saat ini, ras ini cukup populer di kalangan peternak anjing meski termasuk salah satu terrier yang kurang dikenal.