Tentang Anjing Soft Coated Wheaten Terrier

bukupediaanjing - Soft Coated yang berarti mantel halus,sebuah nama yang sangat cocok untuk anjing beruukuran mungil ini.Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Tentang Anjing Soft Coated Wheaten Terrier. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas Tentang Anjing Soft Coated Wheaten Terrier :

Tentang Anjing Soft Coated Wheaten Terrier








Karakteristik fisik

Sekilas, anjing Soft-Coated Wheaten Terrier ini terlihat anggun, bahagia dan selalu waspada. Badannya yang kuat, berukuran sedang, dan proporsional, memungkinkan anjing dapat bekerja dengan baik sebagai pekerja pertanian.

Tak hanya itu, anjing Soft-Coated Wheaten Terrier juga cukup gesit menangkap maupun memusnahkan kutu.Wheaten Terrier dapat dibedakan dengan jenis terrier lainnya dengan ciri khas mantel tunggalnya yang lebat, lembut, halus, panjang, dan sedikit bergelombang.Warna mantel Wheaten Terrier khas, bisa berupa warna karat maupun wheaten. Soft-Coated Wheaten Terrier memiliki gaya berjalan yang bebas, jangkauan bagus, juga ekor yang tetap tegak meski saat bergerak.

Kepribadian dan temperamen

Berbeda dengan jenis terrier lain, Wheaten Terrier ini memiliki kepribadian lembut, menyenangkan, dan penuh kasih sayang. Pada umumnya, Wheaten Terrier sangat patuh terhadap perintah tuannya, meskipun terkadang keras kepala.Sebagai teman yang sangat baik dan partner menyenangkan, Wheaten Terrier dapat berperilaku baik terhadap anak-anak maupun hewan peliharaan lain.Namun, ada juga beberapa Wheaten Terrier yang bersikap gaduh ketika berada di dekat anak kecil. Perlu diketahui, jenis trah Soft-Coated Wheaten Terrier cenderung suka melompat dan menggali lubang.

Perawatan

Wheaten Terrier sebenarnya dapat hidup di lingkungan luar saat cuaca dingin. Namun, akan lebih baik jika diberikan tempat dalam ruangan. Mantelnya yang panjang memerlukan perawatan yang intensif dengan cara disisir dan disikat sehari dua kali.Hal ini penting demi mencegah agar rambutnya tidak kusut. Satu lagi, Wheaten Terrier tidak mengalami kerontokan bulu sehingga perlu dipangkas dan dimandikan demi mempertahankan bentuk dan tampilan mantelnya. Biasanya mantel Whaten Terrier dipangkas sampai panjangnya hanya 3 inchi saja.Sebagai jenis anjing atletik, Wheaten Terrier membutuhkan perawatan fisik berupa olahraga setiap hari, jalan-jalan, maupun melakukan permainan di luar ruangan yang ramai.Trah Wheaten Terrier juga menyukai kejar-kejaran dan berburu. Pastikan lingkungannya aman sehingga tidak menimbulkan bahaya bagi Wheaten Terrier.

Kesehatan

Ras Soft-Coated Wheaten Terrier mampu hidup mencapai usia rata-rata 12 sampai 14 tahun. Wheaten Terrier rentan mengalami penyakit seperti PRA dan displasia pinggul anjing.Wheaten Terrier juga rentan terhadap masalah kesehatan kecil lainnya seperti addison, displasia ginjal, dan penyakit yang menyebabkan Wheaten Terrier kehilangan banyak protein.Untuk mengidentifikasi penyakit ini, Anda dapat membawa peliharaan Wheaten Terrier ke dokter hewan untuk diperiksa pada bagian pinggul, mata, dan kandungan urin.

Sejarah dan asal usul

Soft-Coated Wheaten Terrier adalah salah satu dari tiga terrier besar di Irlandia. Wheaten Terrier sangat unggul sebagai anjing pertanian selama lebih dari 200 tahun di Irlandia.Asal usul trah Soft-Coated Wheaten Terrier masih belum didokumentasikan dengan baik, namun dipastikan Kerry Blue Terrier adalah keturunannya langsung.Pada tahun 1943, Klub Kennel Inggris mengakui ras ini. Dan pada tahun 1946, Wheaten masuk ke Amerika Serikat. Peternak anjing A.S. mulanya tidak tertarik pada trah ini.Tapi begitu Soft-Coated Wheaten Terrier Club of America didirikan pada tahun 1962, anjing ini menjadi terkenal. Americal Kennel Club kemudian mengakui jenis ini dengan mendaftarkannya pada tahun 1973.